Notice: fwrite(): write of 661 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/suryaint/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 42
PAVING BLOCK JAWA TIMUR | Surya Inti Beton

“APA ITU PAVING BLOCK?”

Adalah suatu komposisi bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu beton tersebut (SNI 03-0691-1996). Paving block adalah bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen, pasir dan air, sehingga karakteristiknya hampir mendekati dengan karakteristik mortar. Mortar adalah bahan bangunan yang dibuat dari pencampuran antara pasir dan agregat halus lainnya dengan bahan pengikat dan air yang didalam keadaan keras mempunyai sifat-sifat seperti batuan (Smith, 1979 dalam Malawi, 1996 dalam Artiyani 2010).

Paving block memiliki nilai estetika yang bagus, karena selain memiliki bentuk segiempat ataupun segibanyak dapat pula berwarna seperti aslinya ataupun diberikan zat pewarna dalam komposisi pembuatan. Paving block ini sendiri berfungsi untuk lantai yang banyak digunakan di luar bangunan serta tidak boleh retak-retak dan cacat.

Paving Block adalah solusi terbaik untuk lahan resapan saat hujan dan banjir. Pemasangannya tidak susah dan perawatannya pun mudah. Pemasangan dengan motif yang baik akan menambah keindahan bangunan sekitarnya. Paving block diproduksi dengan warna natural, reguler (merah, hitam) dan warna khusus (hijau, kuning, biru). Tersedia berbagai model, warna dan ukuran Paving Block Dengan pola dan pemasangan yang baik, Paving Block berkualitas akan lebih tambah menarik dan rapi. Tersedia banyak disain pemasangan paving block yang menarik.

 

“PAVING BLOCK TERUAT DARI APA?”

Dalam dunia konstruksi, paving block merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan, di rumah pribadi hingga infrastruktur publik. Material ini cocok digunakan untuk area pejalan kaki, jalan masuk ke rumah, atau area publik seperti pelabuhan peti kemas, hanggar pesawat hingga saluran drainase. Bahkan paving block kerap digunakan dalam rehabilitasi konstruksi yang rusak. Misalnya pada permukaan jalan yang aus, sering diperbaiki dengan menggunakan paving block beton. Paving block dapat dibuat dari berbagai material seperti tanah liat, beton, dan batu alam, yang nantinya dicampur dengan campuran semen agar teksturnya menjadi kokoh.

Umumnya material dipilih oleh arsitek untuk mempercantik suatu proyek konstruksi. Seluruh produksi paving block dilakukan melalui proses industrial untuk memastikan konsistensi dan akurasinya. Untuk penggunaan pribadi, pastikan Anda memilih dengan cermat sebelum membeli paving block. Hal pertama yang harus dipertimbangkan adakah tujuan Anda menggunakannya. Kebanyakan paving block digunakan sebagai penutup tanah untuk jalan masuk ke rumah, di taman bahkan di garasi. Pastikan kegunaanya agar Anda dapat menentukan desain dan warna yang sesuai.

Faktor selanjutnya yang harus dipertimbangkan sebelum membeli paving block, adalah masalah anggaran. Meskipun membutuhkan banyak anggaran di awal untuk pembelian, pastikan Anda memilih bahan berkualitas. Seperti kebanyakan proyek renovasi rumah, menggunakan produk murah terkadang dapat menyebabkan pengeluaran besar di kemudian hari. Karena paving block banyak digunakan di bagian eksterior maka pastikan memilih bahan yang kuat dan bisa bertahan di berbagai musim.

Anda bisa melakukan survei baik bertanya ke kenalan atau mencari informasi di media sosial untuk mengetahui mana merek yang menawarkan kualitas paling baik.  Hal terakhir yang menjadi pertimbangan sebelum membeli paving block adalah gaya hunian Anda. Bila memiliki gaya rumah modern, hindari penggunaan paving block yang terbuat dari batu alam.  Lakukan riset sebelum membeli baik mencari inspirasi di lingkungan sekitar Anda maupun mencari gambar di internet untuk mendapatkan paving block terbaik.

 

“CARA JITU HILANGKAN RUMPUT DAN GULMA DI PAVING BLOCK”

Paving block atau bata beton merupakan pilihan material untuk membuat jalan masuk di bagian eksterior rumah. Harga material ini lebih terjangkau bila dibandingkan dengan material lain dan mudah ditemukan di toko bangunan. Namun, terkadang saat paving block sudah dipasang, rumput dan gulma bisa muncul di sela-selanya. Terlebih lagi, saat musim hujan tiba.  Bukan hanya tidak enak dipandang, melainkan juga bisa merusak struktur bata. Rumput atau gulma dapat tumbuh di sela-sela retak rambut sehingga bisa membuatnya terbelah. Karena itu, Anda perlu mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mencegah rumput tumbuh di antara batu bata.

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat paving block bebas dari serangan rumput dan gulma. 1. Bersihkan Rumput Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan rumput. Salah satu solusi alami adalah menuangkan air mendidih di antara batu bata. Air mendidih aman, tidak meninggalkan residu beracun, dan bekerja dengan baik untuk semua jenis rumput dan gulma. Namun, berhati-hatilah saat menuangkan air panas ke area yang ditumbuhi rumput karena Anda tentu tidak ingin membahayakan diri sendiri. Ide lain adalah menyemprotkan campuran larutan cuka, garam, dan sabun cuci piring di antara paving block.

Larutan ini terbukti efektif menghilangkan rumput. Bila tak ingin repot, Anda dapat menggunakan herbisida yang dibeli di toko. 2. Cuci dengan Air Bertekanan Tinggi Setelah menghilangkan rumput dan gulma, cuci paving block dengan air bertekanan tinggi untuk menghilangkan kotoran berlebih. Pembersihan ini dapat membantu menciptakan permukaan paving block yang lebih bersih sekaligus mencegah rumput dan gulma tumbuh kembali. 3. Menutup Celah Paving Block Langkah terakhir untuk mencegah tumbuhnya rumput dan gulma adalah menutup seluruh celah pada paving block. Selama seluruh sela-sela batu bata tertutup rapat, tanaman tidak akan bisa muncul. Anda dapat menyewa jasa tukang untuk mengerjakannya.

 

“PENELITIAN PAVING BLOCK”

Paving beton (paving block) adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainya yang tidak mengurangi mutu Paving
beton itu. Paving beton (paving block) dapat berwarna seperti warna aslinya atau diberi zat warna pada komposisinya. Paving digunakan sebagai perkerasan permukaan jalan, baik jalan untuk keperluan parkir kendaraan, jalan raya, keperluan
dekoratif taman dan untuk keperluan pelataran. Paving block dengan kualitas baik adalah mempunyai nilai kuat tekan tinggi (MPa) dan nilai absorbsi (persentase serapan air) yang rendah. Pembuatan paving block menggunakan pedoman mutu SNI03-0691-1996.

Saat ini telah banyak dilakukan pembuatan paving block dengan beragam material pembentuknya. (Suwito, Mudjanarko, & Koespiadi, 2017) melakukan penelitian dengan menggunakan. campuran tanah pedel sebagai bahan pembuatan paving dengan hasil memenuhi SNI03-0691-1996. 2. Syarat mutu Paving Block Menurut SNI-03-0691-1996,

syarat mutu Paving beton (paving block) adalah sebagai berikut : a. Sifat tampak Paving beton harus memiliki permukaan yang rata, tidak terdapat retak[1]retak dan cacat, bagian sudut dan rusuknya tidak mudah direpihkan dengan kekuatan jari tangan. b. Mempunyai Ukuran Paving beton harus mempunyai ukuran tebal nominal 60 mm dengan toleransi +8% c. Sifat fisika Paving beton adalah apabila diuji tidak boleh cacat dan kehilangan berat yang diperkenankan maksimal 1% Pada tabel 1 dapat dilihat bahwa paving block mempunyai persyaratas kuat tekan, ketahana aus dan penyerapan rata-rata maksimum dari standart SNI-03-0691-1996.

Mutu kuat tekan A lebih tinggi dibandingkan mutu kuat tekan D. Semakin kuat mutu tekan berarti paving block mampu menerima beban besar seperti tonase Truk. Sedangkan apabila semakin ringan maka paving block bisa digunakan sebagai perkerasan dalam rumah atau taman. Klarifikasi Paving Block Dari klarifikasi paving block ini didasarkan pada SNI-03-0691-1996, adalah: a. Bata beton mutu A digunakan untuk jalan. b. Bata beton mutu B digunakan untuk pelataran parkir. c. Bata beton mutu C digunakan untuk pejalan kaki. d. Bata beton mutu D digunakan untuk taman dan penggunaan lain.

Keutungan Pengunaan Paving Block Adapun keuntungan dari paving block adalah sebagai berikut: a. Dalam pelaksanaan mudah,karena tidak memerlukan keahlian khusus serta tidak memerlukan alat berat dalam pemasangan. b. Dapat di pruduksi secara masal. c. Pemeliharaan mudah dan murah karena dapat dipasang kembali setalah dibongkar bila terjadi kerusakan di salah satu paving block.

Info Lebih Lanjut Hubungi:

Surya Inti Beton (SIB)

CS 1 : 0852-3308-2904

CS 2 : 0813-5921-2159

FB : PT. Surya Inti Beton

Youtube : Surya Inti Beton

IG : Surya Inti Beton

Website : suryaintibeton.com

Email : surya.inti.beton@gmail.com

Alamat : Jl. Mojokerep No. 106 Desa. Ketawang Kecamatan Purwosari Kabupaten Kediri – Jawa Timur


Notice: fwrite(): write of 121 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/suryaint/public_html/wp-admin/includes/class-wp-filesystem-direct.php on line 76

Notice: fwrite(): write of 661 bytes failed with errno=122 Disk quota exceeded in /home/suryaint/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 42

Fatal error: Uncaught wfWAFStorageFileException: Unable to verify temporary file contents for atomic writing. in /home/suryaint/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php:51 Stack trace: #0 /home/suryaint/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php(658): wfWAFStorageFile::atomicFilePutContents('/home/suryaint/...', '<?php exit('Acc...') #1 [internal function]: wfWAFStorageFile->saveConfig('livewaf') #2 {main} thrown in /home/suryaint/public_html/wp-content/plugins/wordfence/vendor/wordfence/wf-waf/src/lib/storage/file.php on line 51